Tuesday, June 14, 2011

Entertain

Sebenarnya apakah hubungan entertain dengan peningkatan penjualan? Semula saya tidak menyadari keterkaitan di antara keduanya. Beberapa perusahaan bahkan menganggarkan budget yang tidak sedikit hanya untuk mengentertain customernya.


Sebenarnya, banyak banget yang bisa dikategorikan entertaining customer. Mulai dari undangan dinner, pemberian hadiah sampai dengan yang lebih menjurus ke tempat-tempat lampu merah. Tetapi kelihatannya, pilihan terakhirlah yang paling ampuh dalam hal lobby-melobby customer.

Kebetulan pengalaman kerja saya adalah kegiatan menjual dan memasarkan produk melalui dealer. Pernah suatu ketika, saya kebagian tugas di area baru. Saya menghadapi salah satu customer berprospek yang biasanya mampu menyumbangkan omzet yang tidak main-main. Tetapi sayangnya saya tidak mampu mendapatkan hasil maksimal dari customer tersebut. Orderan selalu datang hanya ketika senior saya yang turun tangan, sementara saya hanya bisa berdiri di luar lingkaran, tanpa bisa berperan besar pada apa yang seharusnya menjadi tugas saya.

Namun, keadaan berbalik, ketika suatu saat kami sama-sama menghadiri dealer gathering di kantor pusat yang kemudian berlanjut ke acara entertain di sebuah tempat hiburan malam. Tidak perlu dijelaskan, apa saja yang kita lakukan sama-sama waktu itu. Hampir dipastikan, kami sama-sama menikmati acara gila-gilaan di tempat tersebut.

Sejak saat itu, kami jadi akrab, lebih saling mengenal secara pribadi, orderan meningkat dan semua menjadi lancar...

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa entertain customer di tempat-tempat seperti night club, diskotik, karaoke, spa sampai dengan tempat-tempat yang lebih terlarang seringkali menjadi andalan untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat dengan customer.

Saya pernah mendengar, salah satu perusahaan kompetitor selalu tidak pernah melupakan kegiatan seperti ini dari daftar acara pada setiap gathering dengan para dealer mereka.

Kelihatannya, pengalaman kebersamaan dalam menikmati kegiatan-kegiatan negatif seperti itu, justru membuat hubungan dengan customer semakin personal. Tak heran bila deal-deal besar seringkali malahan terjadi di tempat-tempat semacam itu.

Tentu saja, hal tersebut bukan faktor utama keberhasilan dalam melobby customer. Tetapi, kecenderungan yang terjadi adalah yang paling sering dimanfaatkan oleh banyak pelaku bisnis.

Pilihan terserah anda...

No comments:

Post a Comment